// auto render

Strategi Online Marketing Tahun 2011

Strategi Online Marketing Tahun 2011

Dunia Internet terbagi – bagi ke dalam berbagai macam kategori, baik itu dari segi industri, jenis bisnis, tipe pengguna atau konsumen yang memakai Internet pun berbeda – beda pula. Dengan ‘complexity’ atau tingkat keanekaragaman yang begitu luas, sudah jelas sekali dibutuhkan fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan setiap industri, para pelaku bisnis dan para pengguna atau konsumen.

Kabar baik nya adalah, dengan teknologi Internet yang berkembang secara pesat dewasa ini, semua tantangan untuk menjawab kebutuhan setiap konsumen dari industri apapun menjadi lebih efektif dan bahkan bisa di bilang mudah untuk dilakukan. Sebagai contoh, pada dekade sebelum tahun 2000, misalnya awal atau akhir tahun 1990an, tidak banyak dari kita yang mempunyai koneksi broadband Internet secepat yang kita punya sekarang ini, bahkan banyak dari masyarakat yang belum mendapatkan akses ke Internet karena minim nya infrastruktur network ataupun Internet yang tersedia pada saat – saat itu.

Dengan teknologi Internet yang tersedia sekarang ini, maka lahir pula berbagai macam strategi pemasaran yang baru, khusus nya dengan hadir nya mesin pencari semacam Google, Yahoo dan BING yang tersedia secara gratis untuk siapapun dalam mencari informasi apapun di Internet. Dari sekian banyak strategi pemasaran yang lahir karena booming nya bisnis di Internet, ada yang berhasil dan gagal.  Oleh karena itu, dibutuhkan strategi marketing yang jitu untuk pasar yang berbeda.

Online marketing memegang peranan penting dalam berbagai area bisnis. Untuk contoh sederhananya saja, pada umum nya banyak perusahaan atau toko yang sudah memasang nama domain di business stationery mereka seperti brosur-brosur, kartu nama, kop surat, bahkan kendaraan niaga mereka dan medium lain – lain.  Untuk era sekarang ini, yang disebut dengan sukses di Internet tidak lagi sekadar hanya memiliki website yang menarik, tetapi terlebih lagi yaitu memiliki website yang menempati peringkat teratas atau setidaknya di halaman pertama pada halaman hasil pencarian di search engine seperti Google, Yahoo dan BING.

Dengan berada di posisi top hasil pencarian mesin pencari, khususnya untuk nama perusahaan sendiri, memberi citra baik bagi calon pelanggan. Tentunya tidak lucu kalau ada orang yang melakukan pencarian di search engine, tapi tidak memperoleh website kita di bagian utama hasil pencarian.

Oleh karena itu, menggabungkan offline dan online marketing merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis saat ini, selain tentunya tetap memahami apa yang dibutuhkan pelanggan. Mengenai memahami kebutuhan pelanggan ini, zaman dahulu, perusahaan cenderung melakukan riset besar-besaran yang tentunya memerlukan biaya dalam jumlah besar.

Hal-hal seperti itu tetap penting untuk dilakukan, tapi sekarang ada cara yang jauh lebih mudah dan lebih murah untuk mengetahui siapa pasar potensial kita dan bagaimana pandangan mereka terhadap perusahaan kita. Pencarian di mesin pencari menyediakan data yang akurat mengenai apa yang calon pelanggan butuhkan dari kita dan bagaimana pandangan mereka.

Dari analisa di atas, jelas bahwa untuk sukses berbisnis di Internet, anda jelas memerlukan bukan hanya sekadar sebuah website, akan tetapi juga, strategi online marketing yang jitu.  Salah satu dari sekian strategi marketing online yang akan sangat berhasil untuk tahun 2011 ini dan tahun – tahun berikutnya adalah social media marketing dan aplikasi Internet berbasis mobile atau dapat di akses dengan smart phone seperti iphone, blackberry, dan semacamnya.  Karena dilihat dari statistik, jumlah pengguna smart phones terus berkembang dengan sangat fantastis.

Jadi tunggu apalagi, jikalau anda mempunyai website yang menggangur dan tidak menghasilkan ‘value’ atau membantu bisnis anda dalam hal apapun, sudah saatnya melakukan sesuatu secepatnya.  Hubungi Jawara Media untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang bagaimana kami bisa membantu website anda melalui solusi – solusi Internet marketing kami sebagai alat daya ungkit atau ‘leverage’ bagi bisnis anda, sehingga bisnis anda merasakan manfaat semaksimal mungkin dari website dan Internet marketing strategy yang memberikan hasil atau Return On Investment terbaik.